MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) NAGARI
ABDI AMRI,SE Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, kecamatan Pulau Punjung, kabuapaten Dharmasraya.

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) NAGARI

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) NAGARI

Pada Bulan Agustus sd. September 2019, Pemerintahan Nagari se Kab. Dharmasraya, secara bergantian, 2 Nagari / hari melakukan tahapan pelaksanaan Musrenbang Nagari. Berdasarkan Permendagri No 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembangunan Desa, Rangkaian Perencanaan di Nagari, dimulai sejak Bulan Juni 2019 yang ditandai dengan Musyawarah Nagari yang dilaksanakan oleh Bamus Nagari, guna menerima aspirasi masyarakat dalam menetapkan hal-hal yang yang strategis dalam pembangunan Nagari. Disaat yg bersamaan Wali Nagari membentuk Tim Penyusun RKP Nagari dan DU RKP Nagari.

Hasil Musyawarah Nagari ini diserahkan Bamus Nagari kepada Tim Penyusun RKP Nagari dan DU RKP Nagari. Tim bekerja mana yang didanai oleh APB Nagari, itu menjadi RKP Nagari Tahun 202O dan mana yang didanai oleh APBD Kab/Prov/Pusat, itu menjadi DU RKP Tahun 2021, termasuk mana yang dari swadaya masyarakat. Setelah Tim Penyusun RKP Nagari menyelesaikan Rancangan Draft RKP Nagari Tahun 2020 dan DU RKP Nagari Tahun 2021, maka Pemerintah Nagari melakukan Musrenbang utk disampaikan hasilnya kepada masyarakat dan stakeholder terkait, guna dimintai tanggapan dari stakeholder tersebut.

Melihat tahapan perencanaan seperti itu, maka Kepala Dinas PMD Abdi Amri memerintahkan crew di jajarannya, agar melakukan pendampingan di Nagari dalam pelaksanaan Musrenbang..Begitu juga Sekda Adlisman memerintahkan Bapppeda sebagai leading sektor perencanaan Daerah beserta seluruh OPD, agar hadir di Musrenbang Nagari ini, sehingga didapatkan Perencanaan Nagari yg berkualitas sesuai aturan, terlebih dengan telah dikeluarkannya Peraturan Bupati tentang Kewenangan Nagari berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala nagari..

Kadis Abdi Amri juga menambahkan di ruang kerjanya mengatakan, dengan pendampingan dari OPD dan hanya 2 Nagari yg melakukan Musrenbang dalam sehari, kita yakin pendampingan akan berjalan maksimal dan perencanaan Nagari kita se Kab. Dharmasraya dari tahun ke tahun akan semakin baik..

Share Berita

Komentar Berita