PENCAIRAN DANA DESA TAHAP I KAB. DHARMASRAYA TERCEPAT DI SUMATERA BARAT.
Kadis DPMD, Hastho Kuncoro

PENCAIRAN DANA DESA TAHAP I KAB. DHARMASRAYA TERCEPAT DI SUMATERA BARAT.

PENCAIRAN DANA DESA TAHAP I KAB. DHARMASRAYA TERCEPAT DI SUMATERA BARAT.

Dinas Pemberdayaan Masyrakat dan Desa.

Setelah adanya petunjuk Menteri Keuangan RI tentang Pengelolaan Dana Desa dengan PMK RI No. 205/PMK.07/2019, Tgl 31 Des 2019 Tentang Pengelolaan Dana Desa, maka Bupati Dharmasraya mengintruksikan kepala DPMD Kab. Dharmasraya Hastho Kuncoro, MPd agar melakukan percepatan Pencairan Dana Desa secepatnya sehingga hasil pembangunan segera dapat dirasakan oleh masyarakat.

PMK RI No. 205/PMK.07/2019, memangkas birokrasi pencairan Dana Desa yang sebelumnya dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) masuk Ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD), lalu Pemerintahan Nagari mengajukan Surat Permintaan Pembayaran Dana Desa ke Bupati dengan rekomendasi Camat serta melampirkan persyaratan adminstrasi yang disyaratkan, baru di transfer ke Rekening Kas Nagari. Sekarang dari RKUN langsung masuk Rekening Kas Nagari setelah mendapatkan Surat Kuasa pemindahbukuan Dana Desa dari Bupati. Alhamdulilah, 35 Nagari di Kabupaten Dharmasraya sudah masuk Dana Desa nya ke Rekening Nagari pada hari Selasa, 4 Pebruari 2020. Alhamdulillah, dari pernyataan lisan Petugas Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) perwakilan Sijunjung, untuk wilayah Sawahlunto, Sijunjung dan Dharmasraya, yang tidak mau disebutkan namanya, menyatakan Kab. Dharmasraya tercepat No 1, dalam pencairan Dana Desa untuk Provinsi Sumatera Barat, dan untuk wilayah Sumatera, Kab Dharmasraya mandapat urutan tercepat keempat setelah Kab. Aceh Tamiang, Kab. Bener Meriah Aceh dan Kab. Pringsewu Lampung, sambil meminta Soft Copy persyaratan agar kami sampaikan juga ke Kabupaten lain, sehingga Kabupaten lain juga bisa mencontoh, katanya.

Kadis DPMD, Hastho Kuncoro memerintahkan Bidang Pemerintahan Nagari agar men-follow up Nagari yang 17 Nagari lagi, sehingga segera memenuhi persyaratan pencairan Dana Desa Tahap I, lakukan pendampingan yang serius, sambil dianggukan oleh Kabid Pemerintahan Nagari Sasrawati dengan jajarannya.

Sasrawati, SE menyampaikan ke 35 Nagari yang sudah cair Dana Desa agar segera mencairkan Dana Desa dgn meminta rekomendasi Camat setelah memenuhi persyaratan Administrasi pencairan terutama Pertanggungjawaban Dana Desa/ADN tahun lalu sehingga proses pencairan dapat dilaksanakan dan proses pembangunan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Disamping itu Sasrawati di meja kerjanya juga mengatakan bahwa Dana Desa sekiranya tidak ada Perubahan PMK diakhir tahun 2019, maka yakin Dharmasraya tercepat di Indonesia dalam pencairan Dana Desa, karena Perbup Dharmasraya tentang Tata Cara Penetapan Dana Desa sudah siap pd tgl 20 Nov 2019, sesudah itu para kasi dan jajarannya juga berbagai cara men follow Up nagari dalam penyelesaian APB nya, sambil melihat pada jajarannya yg juga ikut senang dipuji kabidnya.

Sasrawati juga menambahkan bahwa Dana Desa Tahun 2020 pada Tahap I sudah cair sebesar 40%, Tahap II sebesar 40 % dan Tahap III sebesar 20 %, sebelumnya pada Tahun 2019 Tahap I hanya 20 % dan dan Tahap II dan III masing-masing sebesar 40 % diruang kerjanya, yang begitu cekatan bolak balik ke Sijunjung ke Kantor KPPN Sijunjung untuk proses pencairan Dana Desa ini dengan memasang target kinerja bahwa kegiatan Pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat sudah selesai di akhir November 2020.

Share Berita

Komentar Berita